Cukup 5 Menit dan Uang Nasabah pun Terkuras

Cukup 5 Menit dan Uang Nasabah pun Terkuras

Tiga Kelompok

Saat melakukan aksi kelimanya membagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama, sebagai penyedia alat‑alat untuk melakukan skimming.


"Alat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), spy camera (kamera pengintai), alat berasal dari luar ke dalam negeri," kata Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta memastikan.

Kelompok kedua, bagian operasional yang memasang alat‑alat tersebut di sejumlah mesin ATM.

Polisi mengindikasi para pelaku memasang alat skimming di ATM yang relatif sepi dan minim pengawasa petugas keamanan.

"Kelompok operasional ini yang memasang kemudian melihat beberapa titik titik ATM yang kira‑kira bisa dipasangi dengan aman dan mereka juga melihat situasi jam dengan menentukan sasaran. Ini akhirnya alat ini dipasang," papar Nico.

Sedangkan, kelompok ketiga, berperan untuk mengambil uang para nasabah yang berhasil di skimming oleh para tersangka.


"Pengambil uang jarang diambil cash (tunai), polanya ditransfer, sebagian dipindahkan ke bitcoin untuk mempersulit penyelidikan," jelas Nico.

Untuk menghilangkan jejak uang yang diambil dari ATM, kata Nico, para tersangka menukarkan uang tunai dan memasukannya ke bitcoin guna menghilangkan jejak.

Kini, pihak kepolisian melakukan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Polda Metro juga memastikan, terus mendalami keterkaitan hilangnya dana nasabah Bank BRI di Kediri, Jawa Timur.

Pendalaman dilakukan oleh pihak kepolisian terkait ditemukannya sejumlah ATM dari berbagai Bank dari oara pelaku tersebut.

"Kami masih mendalami apakah kartu‑kartu ini dan Bank yang terkait," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro JayaKombes Pol Nico Afinta.

Yang dilakukan pelaku adalah dengan memasang alat skimming hampir di seluruh bank.

"Pada prinsipnya mereka bukan bank yang mana tapi prinsipnya mereka itu kartu mana yang dimasukan ke mesin ATM yang kelihatan pinnya untuk di pindahkan datanya ke kartu mereka supaya bisa mengambil uang," terang Nico. (tribun network/yud)





close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==